5 Negara Dengan Program Wajib Militer

Uncategorized

5 Negara Dengan Program Wajib Militer                        

Sebagai warga negara pasti kita memiliki hak dan kewajiban yang harus sama-sama dilakukan dan didapatkan. Sebagai warga negara kita wajib mendapatkan perlindungan secara hukum dan jaminan keselamatan serta kesejahteraan oleh negara. Namun dibalik itu ada pula beberapa kewajiban yang harus kita penuhi seperti membayar pajak dan membela negara. Salah satu program bela negara yang diterapkan sebagai kebijakan pemerintah di luar negeri adalah wamil

jual senapan angin

Wamil atau wajib Mileter adalah suatu kebijakan dari pemerintah yang mewajibkan warga negera yang berumur 18 sampai 35 tahun wajib untuk mengikuti pendidikan militer. Tujuan dari program ini adalah membentuk tentara cadangan yang diambil dari seluruh warga negara yang tinggal di negara tersebut. Sehingga bisa ikut serta dalam menjaga keamanan dan membela Tanah tempat tinggalnya jika dibutuhkan.

Dan berikut ini 5 negara yang menerapkan program wajib militer untuk warga negaranya :

  1. Korea Utara (KORUT)

Korea Utara menganut paham komunis yang dimana warga negara laki-laki diwajibkan untuk mengikuti program wamil selama 10 tahun. Sedangkan warga negara perempuan diwajibkan selama 7 tahun. Waktu program ini termasuk waktu wamil terlama di dunia. Hal ini disebabkan bentuk konsekuensi dari konflik antara Korea Utara dengan negara Korea Selatan.

  • Korea Selatan

Sama seperti negara persaudaraannya Korea Selatan juga. Diwajibkan warga negaranya untuk mengikuti program wajib militer. Untuk warga negara laki – laki diwajibkan mengikuti program wamil saat berusia 19 sampai 35 tahun dengan jangka waktu yang bervariasi. Hal ini berbeda-beda karena bergantung pada kebijakan angkatan militer yang didaftarkan. Jangka waktu nya 21 bulan bagi yang mengikuti program wamil di angkatan darat. Sedangkan untuk angkatan laut dan angkatan udara berjangka waktu selama 24 bulan.

Hal ini mungkin sering di dengar oleh para penggemar artis korea ataupun boy band asal negeri Gingseng ini. Pasalnya untuk warga yang bergerak dalam bidang entertainment diberikan keistimewaan untuk menunda program pelatihan wamil. Tetapi tetap diwajibkan, dan jika ada penolakan maka bisa akan dikenai penahanan di penjara.

  • Thailand

Negeri gajah putih ini mewajibkan program wamil bagi warga negara yang berusia 21 sampai 27 tahun. Bagi penduduk laki – laki disana diwajibkan mengikuti program ini, termasuk penduduk yang sudah melakukan operasi penggantian kelamin (ladyboy).

Dalam wamil di Thailand dibagi menjadi dua metode yaitu sukarelawan bagi mereka yang bersedia menjalani program wamil. Dan metode kedua yaitu draft Day yaitu sistem undian keberuntungan. Para calon peserta wamil diwajibkan mengambil kartu yang sudah disediakan. Bila kartu yang didapat berwarna merah maka berarti harus menyelesaikan program wamil selama 2 tahun. Sebaliknya jika kartu berwarna hitam yang didapatkan maka berarti bebas program wamil.

  • Mesir

Penduduk laki – laki di Mesir yang berusia 18 sampai 30 tahun wajib untuk mengikuti prilogram wamil ini. Durasi program ini berkisar antara 12 sampai 30 bulan. Dan bagi warga dibawah 25 tahun dilarang untuk bepergian keluar negeri selama tidak mendapatkan izin dari Kementerian Pertahanan dan Keamanan Negara.

  • Singapura

Sedikit yang tahu bahwa Singapura juga mengadakan program wamil bagi warga negaranya yang berusia 16,5 tahun untuk mengikuti pendaftaran wamil. Dan program sendiri akan dilaksanakan saat mereka berusia 18 tahun. Sedangkan jangka waktunya antara 22 sampai 24 bulan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*